Matematika | Info Pendidikan | Teknologi

Selasa, 21 April 2015

CONTOH LEMBAR OBSERVASI KEGIATAN GURU



LEMBAR OBSERVASI KEGIATAN GURU



Hari/Tanggal                 :       



Materi Pokok
:
Persamaan Garis Lurus

Kelas/Semester
:
VIII E/Ganjil

Nama Guru/Peneliti
:
Slamet Riyadi

Siklus/Pertemuan
:





Petunjuk Pengisian
:
Berilah tanda checklist (√) untuk setiap deskriptor yang nampak (ya) jika dilakukan, (tidak) jika tidak dilakukan
Kriteria Penskoran
:


-       Sangat Baik
-       Baik
-       Cukup
-       Kurang
-       Sangat Kurang
:
:
:
:
:
Jika semua deskriptor (4) yang Nampak
Jika ada 3 deskriptor yang Nampak
Jika ada 2 deskriptor yang Nampak
Jika ada 1 deskriptor yang Nampak
Jika tidak ada deskriptor yang Nampak



No
Indikator/Deskriptor
Pelaksanaan
SB
B
C
K
SK
Ya
Tdk
1.       
Memberikan motivasi dan apersepsi kepada siswa








a.       Guru memotivasi siswa, menarik perhatian agar mengikuti proses pembelajaran dengan baik




b.      Menyampaikan tujuan dan manfaat pembelajaran



c.       Mengajukan pertanyaan untuk menguji penguasaan materi



d.      Mengaitkan materi yang diajarkan dengan materi sebelumnya


2.       
Penyampaian materi pembelajaran








a.       Mempresentasikan materi pokok sesuai dengan tujuan pembelajaran




b.      Menunjukkan penguasaan materi pembelajaran



c.       Materi disampaikan secara berurutan



d.      Materi pembelajaran baik kedalaman dan keluasannya disesuaikan dengan tingkat perkembangan dan kemampuan siswa


3.       
Membimbing siswa selama kegiatan pembelajaran








a.       Guru mengarahkan siswa untuk menemukan masalah yang relevan dengan materi pembelajaran




b.      Guru memberikan kesempatan kepada siswa mengeluarkan pendapat



c.       Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya



d.      Guru bersikap terbuka dan tidak merespon negatif jika siswa melakukan kesalahan dalam proses belajarnya



4.       
Melaksanakan Penilaian Proses dan Hasil Belajar








a.       Melakukan penilaian awal pembelajaran




b.      Menggunakan hasil penilaian awal sebagai titik tolak melakukan pembelajaran



c.       Guru memberikan penilaian soal latihan/LKS



d.      Guru memberikan penghargaan kepada siswa


5.       
Menutup kegiatan Pembelajaran








a.       Guru membuat kesimpulan dengan melibatkan siswa




b.      Menginformasikan materi selanjutnya



c.       Memberikan tugas rumah



d.      Mengakhiri pembelajaran dengan berdo’a


                                                         
Komentar :









Observer








Tidak ada komentar:

Posting Komentar