Matematika | Info Pendidikan | Teknologi

Sabtu, 30 Mei 2015

RPP PPL: Materi Peluang

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP)

Nama Sekolah          : SMA Negeri 2 Selong
Mata Pelajaran          : Matematika
Kelas                        : XI
Semester                   : 1
Program                    : IPS
Banyak Pertemuan   : 6 kali
Alokasi Waktu         : 12 x  45 menit
TahunPelajaran         : 2013/2014

A.    Standar Kompetensi
1.      Menggunakan kaidah pencacahan dan sifat-sifat peluang dalam pemecahan masalah.

B.     Kompetensi Dasar
1.4  Menggunakan aturan perkalian, permutasi, dan kombinasi dalam pemecahan masalah

C.    Indikator
  1. Menyusun aturan perkalian, permutasi dan kombinasi
  2. Menggunakan  aturan perkalian, permutasi dan kombinasi

D.    Tujuan Pembelajaran
  1. Melalui ceramah dan tanya jawab siswa dapat menyusun aturan perkalian, permutasi dan kombinasi
2.      Melalui ceramah dan tanya jawab siswa dapat menggunakan aturan perkalian, permutasi dan kombinasi.
Karakter peserta didik yamg diharapkan: mandiri, kerja keras, bersahabat/komunikatif, rasa ingin tahu, jujur, dan tanggung jawab.

E.     Materi Pembelajaran
  Isi dengan rangkuman materi


F.     Metode Pembelajaran
Inquiry, tanya jawab, kooperatif

G.    Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran
Ø  Pertemuan Pertama
1.      Pendahuluan
Apersepsi             :Siswa diingatkan tentang kejadian sehari-hari yang sederhana yang berkaitan dengan peluang.
      Motivasi             :  Apabila materi ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik diharapkan dapat menyusun aturan perkalian dan menggunakan aturan perkalian untuk menyelesaikan soal.
Tujuan                : Menyampaikan tujuan pembelajaran dan kompetensi dasar
2.                  Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
·         Peserta didik diberikan stimulus tentang kaidah pencacahan yang mengarah pada aturan perkalian dan aturan penjumlahan, menggunakan diagram tabel dan tabel silang (materi tentang filling Slots)
·         Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas contoh mengenai penyusunan dan penggunaan aturan perkalian dan aturan penjumlahan untuk menyelesaikan  soal.
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
·         Peserta didik mengerjakan beberapa soal yang diberikan guru mengenai penyusunan dan penggunaan aturan perkalian untuk menyelesaikan  soal sebagai tugas individu.
·         Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas jawaban soal-soal.
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
·         Dengan bantuan guru di ambil suatu kesimpulan tentang aturan perkalian dan aturan penjumlahan
·         Guru Memberikan kesimpulan tentang materi yang sudah disampaikan

3.                  Penutup
·         Peserta didik dan guru melakukan refleksi.
·         Peserta didik diberikan pekerjaan rumah (PR) berkaitan dengan materi


Ø  Pertemuan Kedua
1.      Pendahuluan:
Apersepsi     : Mengingat kembali materi sebelumnya dan membahas PR.
Tujuan          : Menyampaikan tujuan pembelajaran tentang notasi faktorial
Motivasi       : Menjelaskan kepada siswa tentang manfaat dari materi yang akan dipelajari.
2.      Kegiatan Inti
& Eksplorasi
·         Peserta didik diberikan stimulus tentang aturan perkalian yang berkaitan dengan notasi faktorial.
·         Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas contoh mengenai notasi faktorial untuk menyelesaikan  soal.
& Elaborasi
·         Peserta didik mengerjakan beberapa soal yang diberikan guru mengenai notasi faktorial untuk menyelesaikan  soal sebagai tugas individu.
·         Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas jawaban soal-soal.
& Konfirmasi
·         Siswa dan guru menyimpulkan tentang notasi faktorial untuk menyelesaikan masalah dari berbagai kemungkinan.
·         Guru memberikan contoh soal yang berkaitan dengan  notasi faktorial.
3.      Penutup
·         Peserta didik dan guru melakukan refleksi.
·         Peserta didik diberikan pekerjaan rumah (PR) berkaitan dengan materi

Ø  Pertemuan Ketiga
1.      Pendahuluan
Apersepsi           : mengingat kembali materi sebelumnya (aturan perkalian) dan membahas PR.
      Motivasi             :  Apabila materi ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik diharapkan dapat menyusun aturan perkalian yang mengarah ke permutasi untuk menyelesaikan maslah.
Tujuan                : Menyampaikan tujuan pembelajaran tentang permutasi
2.      Kegiatan Inti
& Eksplorasi
·         Guru memberikan stimulus tentang kaidah pencacahan yang mengarah pada permutasi
& Elaborasi
·         Siswa dikondisikan kedalam beberapa kelompok
·         Guru memberikan soal kepada masing-masing kelompok (item per item)
·         Siswa berdiskusi secara kelompok untuk meyelesaikan soal mengenai kaidah pencacahan yang mengarah pada permutasi
·         Semua kelompok mengumpulkan hasil diskusi masing-masing
·         Sebagian kelompok mempresentasikan hasil diskusinya di depan kelas dan sebagian kelompok menanggapi kelompok yang presentasi.
·         Guru memberikan penilaian kepada kelompok yang presentasi dan kelompok yang menanggapi.
& Konfirmasi
·         Guru memberikan penilaian kepada kelompok yang presentasi dan kelompok yang menanggapi.
·         Guru memberikan solusi dari soal yang telah diberikan
·         Dengan bantuan guru di ambil suatu kesimpulan tentang aturan perkalian yang mengarah ke permutasi

3.      Penutup
·         Peserta didik dan guru melakukan refleksi.
·         Siswa diberi tugas untuk pertemuan berikutnya


Ø  Pertemuan Keempat
1.      Pendahuluan
Apersepsi           mengingat kembali materi sebelumnya.
      Motivasi             :  Apabila materi ini dikuasai dengan baik, peserta didik mampu menggunakan aturan permutasi dalam kehidupan sehari-hari.
Tujuan                : Menyampaikan tujuan pembelajaran dan kompetensi dasar
2.      Kegiatan Inti
& Eksplorasi
·         Guru memberikan stimulus tentang jenis-jenis permutasi dan penggunaannya dalam soal
& Elaborasi
·         Guru memberikan soal kepada masing-masing kelompok (item per item)
·         Siswa berdiskusi secara kelompok untuk meyelesaikan soal menggunakan aturan permutasi dari berbagai kemungkinan.
·         Semua kelompok mengumpulkan hasil diskusi masing-masing
·         Sebagian kelompok mempresentasikan hasil diskusinya di depan kelas dan sebagian kelompok menanggapi kelompok yang presentasi.
·         Guru memberikan penilaian kepada kelompok yang presentasi dan kelompok yang menanggapi.
& Konfirmasi
·                  Guru membahas soal tentang permutasi dari berbagai kemungkinan.
·         Dengan bantuan guru di ambil suatu kesimpulan tentang aturan permutasi dan kegunaannya
3.      Penutup
·         Peserta didik dan guru melakukan refleksi.
·         Guru memberikan tugas individu

Ø  Pertemuan Kelima
4.      Pendahuluan
Apersepsi           mengingat kembali materi sebelumnya tentang permutasi.
      Motivasi             :  guru menjelaskan kepada siwa apabila materi ini dikuasai dengan baik, siswa mampu menggunakan aturan kombinasi dalam kehidupan sehari-hari.
Tujuan                : Menyampaikan tujuan pembelajaran yaitu tentang kombinasi
5.      Kegiatan Inti
& Eksplorasi
·         Guru memberikan stimulus tentang kombinasi dan penerapannya dari berbagai kemungkinan
·         Guru memberikan contoh soal tentang kombinasi
& Elaborasi
·         Guru memberikan soal kepada masing-masing kelompok (item per item)
·         Siswa berdiskusi secara kelompok untuk meyelesaikan soal menggunakan aturan kombinasi dari berbagai kemungkinan.
·         Semua kelompok mengumpulkan hasil diskusi masing-masing
·         Sebagian kelompok mempresentasikan hasil diskusinya di depan kelas dan sebagian kelompok menanggapi kelompok yang presentasi.
·         Guru memberikan penilaian kepada kelompok yang presentasi dan kelompok yang menanggapi.

& Konfirmasi
·                  Guru membahas soal tentang aturan kombinasi yang telah diberikan.
·         Dengan bantuan guru di ambil suatu kesimpulan tentang aturan kombinasi dan kegunaannya
6.      Penutup
·         Peserta didik dan guru melakukan refleksi.
·         Guru memberikan tugas individu

Ø  Pertemuan Keenam
1.  Pendahuluan
Apersepsi           -
      Motivasi             :  Memotivasi siswa untuk menumbuhkan rasa percaya diri dan berlaku jujur.
Tujuan                : Menyampaikan tujuan pembelajaran yaitu ulangan harian/test kemampuan

2.  Kegiatan Inti
& Eksplorasi
·         Guru memberikan siswa soal yang berkaitan dengan permutasi dan kombinasi.
& Elaborasi
·         Siswa menggunakan aturan permutasi dan kombinasi untuk mengerjakan soal yang diberikan secara individu.
·         Siswa mengerjakan soal tentang permutasi dan kombinasi dari berbagai kemungkinan.
& Konfirmasi
·         Siswa mengumpulkan jawaban dari soal yang diberikan
·         Guru membahas soal tentang permutasi dan kombinasi dari soal yang telah diberikan
3.  Penutup
·         Peserta didik dan guru melakukan refleksi.
·         Guru memberikan tugas individu

H.    Alat dan Sumber Belajar
Sumber:
·        Buku LKS, yaitu buku “SIMPATI SMA/MA Matematika IPS Kelas XI Semester Ganjil”.
·        Buku BSE, “Matematika kelas XI IPS”, karangan Sri Retna Ningsih, dkk.
·        Buku BSE, “Matematika 2 SMA/MA kelas XI IPS”, karangan Sri Lestari dan Dian Ayu Kurniasih.
·        Buku referensi lain.

I.       Penilaian
Penilaian meliputi penilaian proses dan hasil meliputi aspek kognitif dan afektif.
Teknik                  : Tugas individu, PR
Bentuk Instrumen            : Uraian.
Instrumen             :

1.        Tentukan banyaknya bilangan yang terdiri atas dua angka yang dapat dibentuk dari angka-angka 1, 2,3, 4, 6, 8 dan 9, jika tidak ada angka kembar!
Jawab:

2.        Berdasar soal no.1 tentukan banyaknya bilangan yang angkanya tidak boleh kembar dan merupakan bilangan ganjil!
Jawab:


3.        Tentukan banyaknya bilangan yang terdiri atas 3 angka yang dapat dibentuk dari angka 5 bilangan asli yang pertama dengan syarat tidak ada pengulangan angka!
Jawab:

4.        Tentukan banyaknya susunan huruf berbeda dari kata SMART!
Jawab:
5.        Tentukan banyak susunan huruf-huruf yang dapat disusun dari kata MATEMATIKA
Jawab:
6.        Lima orang duduk dalam posisi melingkar. Tentukan banyaknya cara duduk tersebut!
Jawab:


7.        Sebuah kontingen olimpiade matematika yang terdiri atas 5 siswa akan dipilih dari 6 siswa putra dan 4 siswa putri. Tentukan banyak cara kontingen ini dapat dibentuk jika:
a.       Tidak ada pembatasan
b.      Kontingen memiliki tepat 3 siswa putra

Jawab:

8.    Akan disusun satu peneliti yang terdiri atas 2 orang matematikawan dan 3 orang teknisi. Jika calon yang tersedia 3 orang matematikawan dan 5 orang teknisi, banyaknya cara menyusun tim tersebut adalah...Jawab:

 Pedoman penskoraan :
 masing-masing soal jika di jawab benar dengan proses yang benar mendapat skor 10. Jika jawaban belum lengkap skor ditentukan sampai sejauh mana proses dikerjakan.
Perhitungan nilai akhir dalam skala 0 – 100 sebagai berikut :
Skor penilaian = (Skor yg diperoleh/skor maksimal) X 100

Selong, 25 September 2013
DPL,                                      Guru Pamong,                            Praktikan,



(Drs. H. Lukman, M.Pd)               (Ayat Hariyat, A.Md)                           (Slamet Riyadi)
 NIS.3303011074                     NIP. 196507041990011002                    NPM. 10210138

Mengetahui:
Kepala Sekolah SMA Negeri 2 Selong,



(Ahmad Supandi, M.Pd)
                 NIP. 196412311989031291

NB: Untuk materi cukup di buat ringkasannya aja dan instrumen di tambah jawabannya



Tidak ada komentar:

Posting Komentar