A. Konsep Nilai Mutlak
Nilai mutlak atau nilai absolut merupakan materi matematika kelas x untuk mata pelajaran matematika wajib di kurikulum 2013. Secara geometris, nilai mutlak suatu bilangan yaitu jarak antara bilangan itu dengan nol pada garis bilangan real. Nilai Mutlak dilambangkan "| ... |".
Perhatikan ilustrasi berikut.
Berapakah jarak burung dari permukaan air laut?
Jawab: 20 meter di atas permukaan air laut
Jika kita nyatakan dalam bentuk nilai mutlak menjadi |+20|=20 atau |20|=20
berapakah jarak perahu dari permukaan air laut?
Jawab: pada permukaan air laut atau 0 meter dari permukaan air laut
Jika kita nyatakan dalam bentuk nilai mutlak menjadi |0|=0
berapakah jarak ikan dari permukaan air laut?
Jawab: 10 meter di bawah permukaan air laut
Jika kita nyatakan dalam bentuk nilai mutlak menjadi |-10|=10
berapakah jarak kapal selam dari permukaan air laut?
Jawab: 20 meter di bawah permukaan air laut
Jika kita nyatakan dalam bentuk nilai mutlak menjadi |-20|=20
tanda + dan - menyatakan posisi objek. tanda "+" untuk objek yang berada di atas permukaan air laut dan tanda "-" untuk objek yang berada di bawah permukaan air laut
Contoh Soal
Tentukan nilai dari
a. $|13|$
jawab: $|13|=13$
b. $|-20+5\times 3|$
Jawab: $|-20+5\times 3|=|-20+15|=|-5|=|5|$
c. $|-2|^2+|-5|-3\times|\frac{-4}{3}|$
Jawab: $|-2|^2+|-5|-3\times|\frac{-4}{3}|=2^2+5-3\times \frac{4}{3}=4+5-4=5$
Jawab: $|-2|^2+|-5|-3\times|\frac{-4}{3}|=2^2+5-3\times \frac{4}{3}=4+5-4=5$
d. $|2^2-3^2\ |\times|(3-5)^3|-|2^2-2|^2$
Jawab
Mari kita coba beberapa contoh soal berikut.
Contoh Soal:
Jawab
e. $|\sqrt{30}-5|=\sqrt{30}-5$
f. $|5-\sqrt{30}|=\sqrt{30}-5$ kenapa? karena $\sqrt{30}-5$ menghasilkan positif, sedangkan $5-\sqrt{30}$ menghasilkan negatif, hasil nilai mutlak tidak boleh negatif.
f. $|5-\sqrt{30}|=\sqrt{30}-5$ kenapa? karena $\sqrt{30}-5$ menghasilkan positif, sedangkan $5-\sqrt{30}$ menghasilkan negatif, hasil nilai mutlak tidak boleh negatif.
B. Persamaan Nilai mutlak
1. Konsep
Persamaan Nilai Mutlak
Sebelum kita
masuk ke pembahasan persamaan nilai mutlak, mari kita ulang kembali konsep
nilai mutlak di atas.
- Berapakah nilai dari x yang
menyebabkan $|x|=5$? jawabannya
adalah $x=5$ atau $x=-5$, karena $|5|=5 $ dan $ |-5|=5 $
- Berapakah nilai x yang
menyebabkan $ |x+2|=7 $? jawabannya
adalah $ x=5 $ dan $ x=-9 $ , karena $ |5+2|=|7|=7 $ dan $ |-9+2|=|-7|=7 $
- Berapakah nilai dari x yang
menyebabkan $|x|=-2$? tidak ada
nilai x yang memenuhi untuk semua bilangan real. Ingat! Nilai mutlak adalah
konsep jarak, jadi tidak pernah bernilai negatif
2. Bentuk
Umum Persamaan Nilai Mutlak
Untuk $|f(x)|$
dan $|g(x)|$ fungsi dalam variabel $x$:
1. $|f(x)|=c$
dengan syarat $c\geq 0$
2. $|f(x)|=|g(x)|$
3. $|f(x)|=g(x)$ dengan syarat $g(x)\geq
0$
3.
Menentukan Penyelesaian Persamaan Nilai Mutlak
Untuk
menyelesaikan persamaan nilai mutlak, ada beberapa metode yang bisa kita
gunakan, antara lain:
- Menggunakan definisi nilai
mutlak
- Menguadratkan kedua ruas
- menggunakan grafik
Mari kita coba beberapa contoh soal berikut.
1. Tentukan
himpunan penyelesaian persamaan berikut ini
a. $|6-3x|=3$
Untuk menyelesaikan
soal ini kita lebih mudah menggunakan definisi. Ingat! bilangan di dalam mutlak
bisa bernilai negatif dan bisa bernilai positif atau nol
# Untuk bilangan di dalam mutlak
bernilai positif atau nol, $(6-3x \geq 0 \Leftrightarrow x \leq 2)$
$(6-3x)=3 $
$ -3x=3-6 $
$ -3x=-3 $
$ x=1 $
# Untuk bilangan di dalam mutlak
bernilai negatif, $(6-3x<0 \Leftrightarrow x>2)$
$-(6-3x)=3 $
$ 6-3x=-3 $
$ -3x=-3-6 $
$ -3x=-9 $
$ x=3 $
jadi,
himpunan penyelesainnya adalah {1, 3}
b. $|6x-12|=|x+8|$
untuk soal
ini bisa menggunakan definisi nilai mutlak atau mengkuadratkan kedua ruas,
menurut saya sendiri lebih mudah menggunakan kuadrat.
# Cara 1:
Menggunakan definisi nilai
mutlak
Jika
menggunakan cara ini, kita harus membagi menjadi 4 kasus penyelesaian, yaitu $(+
= +), (+ = -), (- = +),$ dan $(- = -)$. Khusus pada persamaan, 4 kasus tersebut
bisa disederhanakan lagi menjadi 2 kasus, karena kasus $ (+ = +) $ akan
bernilai sama dengan yang $ (- = -) $ , begitu juga kasus $ (+ = -) $ akan
bernilai sama dengan $ (- = +) $ .
kasus 1: $(+=+)$
atau $(-=-)$
$(6x-12)=(x+8)$
$6x-x=8+12$
$5x=20$
$x=4$
kasus 2: $(+=-)$
atau $(-=+)$
$-(6x-12)=(x+8)$
$-6x+12=x+8$
$-6x-x=8-12$
$-7x=-4$
$x=\frac{4}{7}$
Jadi,
himpunan penyelesainnya adalah {$\frac{4}{7}, 4 $}
# Cara 2:
Mengkuadratkan kedua ruas
$(|6x-12|)^2=(|x+8|)^2$
$(6x-12)^2=(x+8)^2$
$(6x-12)^2-(x+8)^2=0$
→ (gunakan $a^2+b^2=(a+b)(a-b) $)
$[(6x-12)+(x+8)]
[(6x-12)-(x+8)] =0$
$(7x-4)
(5x-20)=0$
$(7x-4)=0 $
atau $(5x-20)=0$
$x=\frac{4}{7}
$ atau $x=4$
Jadi,
himpunan penyelesainnya adalah {$\frac{4}{7}, 4 $}
c. $|8-2x|+x-5=0$
Gunakan cara
mengkuadratkan kedua ruas, tapi ubah dulu ke dalam bentuk |f(x)|=g(x).
$|8-2x|+x-5=0$
$|8-2x|=5-x$
$(8-2x)^2=(5-x)^2$
$(8-2x)^2-(5-x)^2=0$
$[(8-2x)+(5-x)][(8-2x)-(5-x)]
=0$
$(13-3x)(3-x)
=0$
$x=\frac{13}{3}$
atau $x=3$
# Bisa juga
menggunakan definisi nilai mutlak
Untuk $8-2x
\geq 0 \Leftrightarrow x \leq 4$
$8-2x=5-x$
lanjutkan
sebagai latihan
Untuk $8-2x
< 0 \Leftrightarrow x > 4$
$-(8-2x)=5-x$
lanjutkan
sebagai latihan
C. Pertidaksamaan Nilai mutlak
1 . Konsep
Pertidaksamaan nilai mutlak
Pertidaksamaan
nilai mutlak adalah pertidaksamaan yang memuat tanda mutlak dan variabelnya
berada di dalam tanda mutlak. Berikut ini beberapa contoh pertidaksamaan nilai
mutlak.
- $|x-5|<2 $
- $ |x-4|>3 $
- $|x^2-x-2| \geq 4 $
- $ |x-3| \leq |2x-5| $
2. Bentuk
Umum pertidaksamaan nilai mutlak
Bentuk
1: $|f(x)|>c,
|f(x)|<c, |f(x)| \geq c, |f(x)| \leq c$
Bentuk
2: $|f(x)|>|g(x)|,
|f(x)|< |g(x)| , |f(x)| \geq |g(x)| , |f(x)| \leq |g(x)| $
Bentuk 3: $|f(x)|>g(x), |f(x)|< g(x) ,
|f(x)| \geq g(x) , |f(x)| \leq g(x) $
3.
Penyelesaian pertidaksamaan nilai mutlak
Metode
penyelesaian untuk pertidaksamaan nilai mutlak tidak jauh berbeda dengan persamaan
nilai mutlak, bisa menggunakan definisi nilai mutlak, mengkuadratkan kedua
ruas, atau metode grafik.
Sifat-sifat
pertidaksamaan nilai mutlak
Contoh Soal:
1 . Tentukan
penyelesaian dari pertidaksamaan $|x-5|<2 $.
Cara 1:
Dengan menggunakan definisi
#untuk $5-x
\geq 0 \Leftrightarrow x \leq 5 $
$ \Leftrightarrow
x-5<2$
$
\Leftrightarrow x<7 $
#untuk $5-x
< 0 \Leftrightarrow x > 5 $
$
-(x-5)<2 $
$
\Leftrightarrow x-5>-2 $
$
\Leftrightarrow x>-2+5 $
$
\Leftrightarrow x>3 $
penyelesainnya
adalah $ x>3 $ dan $ x<7 $. jika digabung menjadi $3<x<7$
Cara 2:
Menggunakan Sifat (Sifat
ke-4)
$-2<x-5<2$
$\Leftrightarrow
-2+5<x-5+5<2+5$
$\Leftrightarrow
3<x<7$
2. Tentukan
himpunan penyelesaian pertidaksamaan $|5-x| \leq |x-3|$
Gunakan cara
mengkuadratkan kedua ruas
$|5-x|^2
\leq |x-3|^2$
$\Leftrightarrow
(5-x)^2 \leq (x-3)^2$
$\Leftrightarrow
(5-x)^2-(x-3)^2 \leq 0$
$\Leftrightarrow
[(5-x)+(x-3)] [(5-x)-(x-3)] \leq 0$
$\Leftrightarrow
(2)(8-2x) \leq 0$ (kedua ruas dibagi 2)
$\Leftrightarrow
(8-2x) \leq 0$
$\Leftrightarrow
-2x \leq -8$
$\Leftrightarrow
2x \geq 8$
$\Leftrightarrow
x \geq 4$
3. Tentukan
himpunan penyelesaian pertidaksamaan $|2-x|>|2x+4|$
$|2-x|^2>|2x+4|^2$
$(2-x)^2-(2x+4)^2>0$
$[(2-x)+(2x+4)]
[(2-x)-(2x+4)] >0$
$(6+x)
(-2-3x) >0$
Pembuat nol:
$6+x=0$ atau
$-2-3x=0$
$x=-6$ atau $x=\frac{2}{3}$
4. Tentukan
himpunan penyelesaian pertidaksamaan $|x-2|>2x-1$
Kita selsaikan menggunakan definisi nilai
mutlak
#untuk $x-2
\geq 0 \Leftrightarrow x \geq 2$
$x-2>2x-1$
$-2+1>2x-x$
$-1>x$
$x<-1$
$x<-1$
tidak memenuhi. Berdasarkan syarat haruslah $x \geq 2$
#untuk $x-2
< 0 \Leftrightarrow x < 2$
$-(x-2)>2x-1$
$-x+2>2x-1$
$1+2>2x+x$
$3>3x$
$1>x$
$x<1$
(Memenuhi karena $x<2$)
Jadi
penyelesainnya adalah $x<1$
Untuk
mengecek jawaban biar lebih valid, coba substitusi bilangan 2, 1, 0, -1, -2, -3
ke dalam soal. Apakah pernyataannya bernilai benar?
Bersambung ....
Mantap ulasannya...
BalasHapusJangan lupa kunjungi situs akuntansi dan bisnis di :
https://akupecintaakuntansi.blogspot.com/
siap gan
BalasHapus