Matematika | Info Pendidikan | Teknologi

Jumat, 13 Februari 2015

Penulisan dan Analisis Butir Soal

Alur Merancang Soal Ulangan


Ø  PENGEMBANGAN BUTIR SOAL
·                       Indikator Soal
·                       Kisi - Kisi
·                       Teknik Penyusunan Soal
·                       Model Soal

Ø  INDIKATOR SOAL
·                       Sebagai pertanda atau indikasi pencapaian kompetensi
·                       Menggunakan kata kerja operasional yang dapat diukur
·                       Mengacu pada materi pembelajaran sesuai kompetensi

Ø  KRITERIA KOMPETENSI / MATERI PENTING
·           Urgensi: KD/indikator/materi yang secara teoretis mutlak harus dikuasai oleh peserta didik.
·           Kontinuitas: KD/indikator/materi lanjutan yang merupakan pendalaman materi sebelumnya
·          Relevansi:  ada keterkaitannya dengan mata pelajaran lain.                
·          Keterpakaian: memiliki nilai terapan tinggi dalam kehidupan sehari-hari.
Ø  PENGEMBANGAN INDIKATOR SOAL
·           Memperhatikan UKRK
·           Indikator soal bentuk pilihan ganda menggunakan satu kata kerja operasional yang terukur
·          Indikator yang dikembangkan untuk soal bentuk uraian dan atau soal praktik dapat menggunakan lebih dari satu kata kerja operasional yang terukur
Ø  PENGEMBANGAN INDIKATOR SOAL
·           Indikator yang digunakan dalam penilaian, sebaiknya menggunakan stimulus (dasar pertanyaan) berupa gambar, grafik, tabel, data hasil percobaan, atau kasus yang dapat merangsang/memotivasi peserta didik berpikir sebelum menentukan pilihan jawaban.
·           Rumusan indikator soal yang lengkap mencakup 4  komponen,  yaitu
A = audience,  B = behaviour, C = condition, dan D = degree

Ø  TEKNIK PERUMUSAN  INDIKATOR
       1. Bila Soal Terdapat  Stimulus
·       Rumusan indikatornya : Disajikan …, peserta didik dapat menentukan ….
             2. Bila Soal Tidak Terdapat Stimulus
·       Rumusan indikatornya: Peserta didik dapat menentukan ….

Ø  LANGKAH-LANGKAH PENYUSUNAN TES
1.    Penentuan tujuan tes
2.    Penyusunan KISI-KISI tes,
3.    Penulisan butir soal,
4.    Penelaahan Soal (validasi soal )
5.    Perakitan soal menjadi perangkat tes

Ø  PENGERTIAN KISI - KISI
·      Kisi-kisi adalah suatu format atau matriks yang memuat informasi yang dapat dijadikan pedoman untuk menulis tes atau merakit tes

Ø  PENGEMBANGAN KISI - KISI
·      Fungsi
      * Pedm. penulisan soal
      * Pedm. perakitan soal
·      Syarat Kisi-kisi
   * Mewakili isi kurikulum
   * Singkat dan jelas
   * Soal dapat disusun sesuai dengan bentuk soal.
·      Komponen  Kisi-kisi
     * Identitas
     * KI/KD
     * Materi Pembelajaran
     * Indikator Soal
     * Bentuk Tes

     * Nomor Soal 


CONTOH
FORMAT KISI-KISI PENULISAN SOAL

Kompetensi Inti
Kompetensi Dasar
Materi
Indikator Soal
Bentuk Tes (Tertulis/
Praktik)
No. Soal

Tidak ada komentar:

Posting Komentar