Matematika | Info Pendidikan | Teknologi

Jumat, 12 Januari 2018

RPP Kelas XI Matematika Peminatan K-13 Revisi: Rumus Trigonometri SUdut Ganda + LKS + Tes Formatif


Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP)

Nama Sekolah                        : SMAN 8 Malang
Mata Pelajaran                      : Matematika Peminatan
Kelas/Semester                     : XI IPA 3/ganjil
Materi Pokok                         : Rumus trigonometri sudut ganda 
Alokasi Waktu                       : 2 JP (1 x pertemuan)
A.        Kompetensi Inti/KI
Kompetensi Sikap Spiritual yaitu, “Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya”. Adapun rumusan Kompetensi Sikap Sosial yaitu, “Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif,dan pro-aktif sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia”.

KI 3: Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,  kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.

KI 4: Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak  terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan

B.        Kompetensi Dasar/KD dan Indikator Pencapaian Kompetensi/IPK
Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
3.2   Membedakan penggunaan jumlah  dan selisih sinus dan cosinus
3.2.7   Menentukan rumus trigonometri sudut ganda
3.2.8   Menggunakan rumus trigonometri sudut ganda untuk menentukan nilai sudut tertentu

4.2   Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan rumus jumlah dan selisih sinus dan cosinus.

4.2.4 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan rumus dan nilai sudut ganda dalam pemecahan masalah.


C.        Tujuan Pembelajaran
1.      Melalui kegiatan diskusi kelompok diharapkan peserta didik dapat bekerjasama dan bertanggung jawab dalam menentukan rumus dan nilai trigonometri sudut ganda dalam pemecahan masalah.
2.      Melalui kegiatan latihan soal di harapkan peserta didik dapat bekerjasama dan bertanggung jawab dalam menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan rumus sudut ganda.

D.       Materi Pembelajaran
Materi Prasyarat
·         Rumus sinus, cosinus, dan tangen jumlah dua sudut.
Materi Pokok
Faktual:
o   Jumlah dua sudut
Konseptual:
o   Rumus dan nilai sudut ganda sinus, cosinus, dan tangen
Prosedural:
o   Menentukan rumus sudut ganda sinus, cosinus, dan tangen
o   Menentukan nilai sudut ganda sinus, cosinus, dan tangen
o   Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan rumus dan nilai sudut ganda.

E.        Pendekatan/Model/Metode Pembelajaran
Pendekatan    : Scientific
Model                         : Cooperatve learning
Metode           : STAD

F.        Media/Alat dan Bahan Pembelajaran
1.         Media/Alat
·         Laptop
·         LCD
2.         Bahan Belajar
LKPD, Powerpoint (PPT)

G.       Sumber Belajar
Suparmin dkk.2016.Matematika Peminatan Matematika dan ilmu-ilmu Alam untuk SMA/MA kelas XI.Surakarta : Mediatama

H.      Langkah-Langkah Pembelajaran
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
1.    Guru mengucap salam kepada peserta didik.
2.  Guru mengecek kehadiran peserta didik dengan memanggil satu per satu nama mereka.
3. Guru mengecek penguasaan kompetensi yang sudah dipelajari sebelumnya yaitu rumus jumlah dan selisih dua sudut
4. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai pada pembelajaran hari ini yaitu, rumus sudut ganda.
5. Guru memotivasi siswa yaitu dengan menyampaikan manfaat dari belajar materi sudut ganda dan setenganh sudut
6.    Mengkondisikan siswa dalam kelompok dengan kemampuan akademik yang berbeda-beda dan membagikan LKPD kepada masing-masing kelompok. Satu kelompok terdiri dari 3 sampai 4 orang

 10 menit
Kegiatan Inti
Mengamati
a.       Guru menyampaikan secara garis besar tentang cara menurunkan rumus trigonometri sudut ganda.
Menanya
b.      Peserta didik merumuskan pertanyaan tentang hal-hal yang belum diketahui terkait langkah yang akan ditempuh. Jika tidak ada yang bertanya guru memberikan pertanyaan pancingan.
Mengumpulkan dan menganalisis data
c.       Masing-masing kelompok mendiskusikan secara bersama-sama tugas yang ada di LKPD, yaitu menurunkan rumus trigonometri sudut ganda
Mengkomunikasikan
d.      Perwakilan kelompok menyampaikan hasil kerja kelompoknya di depan kelas, sedangkan kelompok lain menanggapi
e.       Guru memberikan penghargaan kepada masing-masing kelompok berupa pujian dan skor penilaian.

Evaluasi
f.        Peserta didik menyelesaikan soal evaluasi individu kemudian dikumpulkan kepad guru
5 menit


5 menit




30  menit



20 menit






15 menit


Penutup
1.        Guru bersama peserta didik menyimpulkan pembelajaran tentang rumus dan nilai sudut ganda dalam menyelesaikan permasalahan.
2.        Guru menutup pembelajaran dan menyampaikan pembelajaran berikutnya yang akan mereka pelajari.
 5 menit


Guru Pamong





Elisa Dewi Puspitasari, S.Pd.,M.Pd
NIP.198507112009032003

Malang, ........... , Juli 2017
Guru PPL PPG





Slamet Riyadi, S.Pd.
NIM. 201620060322169

Mengetahui
Kepala Sekolah





Dr. H. Moh. Sulthon, M.Pd.
NIP. 195801011983031035


Baca Juga:





LAMPIRAN
o  Lembar Kerja Siswa (LKS) berbasis Masalah Kelas XI Matematika Peminatan: Rumus Trigonometri Sudut Ganda 
Instrumen Evaluasi (Tes Formatif dan Penilain Sikap) Kelas XI Matematika Peminatan: Rumus Trigonometri Sudut Ganda   
     ===> Download Lampiran



Tidak ada komentar:

Posting Komentar