Rencana
Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP)
Nama Sekolah :
SMAN 8 Malang
Mata Pelajaran :
Matematika Peminatan
Kelas/Semester : XI IPA 3/ganjil
Materi Pokok : Rumus Sinus, Cosinus dan Tangen
Jumlah dua sudut
Alokasi
Waktu : 4 JP (2 x
pertemuan)
A.
Kompetensi Inti/KI
Kompetensi
Sikap Spiritual yaitu, “Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang
dianutnya”. Adapun rumusan Kompetensi Sikap Sosial yaitu, “Menunjukkan perilaku
jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai),
santun, responsif, dan pro-aktif sebagai bagian dari solusi atas berbagai
permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan
alam serta menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia”.
KI 3:
Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural
berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni,
budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait
penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada
bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan
masalah.
KI 4:
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan
ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu
menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
B.
Kompetensi Dasar/KD dan Indikator Pencapaian Kompetensi/IPK
Kompetensi Dasar
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
3.2 Membedakan penggunaan
jumlah dan selisih sinus dan cosinus
|
3.2.1 Menentukan rumus cosinus
jumlah dan selisih dua sudut
3.2.2 Menggunakan rumus cosinus
jumlah dan selisih dua sudut untuk
menentukan nilai cosinus sudut tertentu
3.2.3 Menentukan rumus sinus
jumlah dan selisih dua sudut
3.2.4 Menggunakan rumus sinus
jumlah dan selisih dua sudut untuk
menentukan nilai sinus sudut tertentu
3.2.5 Menentukan rumus tangen
jumlah dan selisih dua sudut
3.2.6 Menggunakan rumus cosinus
jumlah dan selisih dua sudut untuk
menentukan nilai cosinus sudut tertentu
|
4.2 Menyelesaikan masalah yang
berkaitan dengan rumus jumlah dan selisih sinus dan cosinus.
|
4.2.1 Menyelesaikan masalah
yang berkaitan dengan rumus dan nilai cosinus jumlah dua sudut dalam
pemecahan masalah.
4.2.2 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan
rumus dan nilai sinus jumlah dua sudut dalam pemecahan masalah.
4.2.3 Menyelesaikan masalah
yang berkaitan dengan rumus dan nilai tangen
jumlah dua sudut dalam pemecahan masalah.
|
C.
Tujuan
Pembelajaran
1.
Melalui kegiatan diskusi kelompok diharapkan peserta didik dapat bekerjasama
dan bertanggung jawab dalam menentukan rumus dan nilai cosinus jumlah dua sudut
dalam pemecahan masalah.
2.
Melalui kegiatan diskusi kelompok dalam, diharapkan peserta didik dapat
bekerjasama dan bertanggung jawab dalam menentukan rumus dan nilai sinus jumlah
dua sudut dalam pemecahan masalah
3.
Melalui kegiatan diskusi kelompok, diharapkan peserta didik dapat bekerjasama
dan bertanggung jawab dalam menentukan rumus dan nilai tangen jumlah dua sudut
dalam pemecahan masalah
4.
Melalui kegiatan latihan soal di harapkan peserta didik dapat bekerjasama
dan bertanggung jawab dalam menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan rumus
dan nilai cosinus, sinus dan tangen jumlah dua sudut.
D.
Materi
Pembelajaran
Materi
Prasyarat
·
Rumus perbandingan trigonometri
·
Rumus luas segitiga sebarang
menggunakan trigonometri
Materi Pokok
Faktual:
o
Perbandingan trigonometri, luas segitiga sebarang
Konseptual:
o
Rumus dan nilai sinus, cosinus, dan tangen jumlah dua sudut
Prosedural:
o
Menentukan Rumus cosinus, sinus dan tangen jumlah dua sudut
o
Menentukan nilai sinus, cosinus, dan tangen jumlah dua sudut
o
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan rumus dan nilai sinus, cosinus,
dan tangen jumlah dua sudut.
E.
Pendekatan/Model/Metode
Pembelajaran
Pendekatan : Scientific
Model : Problem
Based Learning
Metode : Diskusi Kelompok
F.
Media/Alat
dan Bahan Pembelajaran
1.
Media/Alat
·
Laptop
·
LCD
2.
Bahan Belajar
LKPD, Powerpoint (PPT)
G.
Sumber
Belajar
Suparmin
dkk.2016.Matematika Peminatan Matematika
dan ilmu-ilmu Alam untuk SMA/MA kelas XI.Surakarta : Mediatama
H.
Langkah-Langkah
Pembelajaran
Pertemuan
Pertama (2
45 menit)
Sub materi
pokok: Rumus sinus jumlah dan selisih dua sudut
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
3. Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai pada pembelajaran hari ini.
4. Peserta didik diberikan gambaran tentang
pentingnya memahami rumus dan nilai sinus, cosinus, dan tangen jumlah dua
sudut dengan memberitahukan informasi mengenai kegunaan trigonometri dalam
kehidupan sehari-hari seperti dalam bidang arsitektur, tehnik banguan atau
dalam ilmu pelayaran. (Mengamati)
5. Peserta
didik bertanya jawab mengenai materi prasyarat yaitu rumus perbandingan
trigonometri dan rumus luas segitiga sebarang.
|
15 menit
|
Kegiatan Inti
|
Orientasi
Peserta Didik Kepada Masalah (FASE 1)
6. Peserta
didik disajikan sebuah masalah dalam kehidupan sehari-hari yang berkaitan
dengan penggunaan rumus jumlah dan selisih sinus, cosinus dan tangen dua
sudut dalam kehidupan sehari-hari seperti
“Seorang pendaki
melihat puncak bukit dengan sudut elevasi
7.
Peserta didik diarahkan untuk menyelesaikan tugas
menemukan rumus jumlah dan selisih sinus dua sudut dengan menggunakan luas segitiga sebarang
(Mencoba)
Mengorganisasikan Peserta Didik (FASE 2)
8. Peserta
didik dibentuk menjadi bebrapa kelompok secara heterogen yang terdiri dari
4-5 orang.
9. Peserta
didik dalam kelompok diarahkan oleh guru untuk mendiskusikan tugas menentukan
rumus dan nilai sinus jumlah dan selisih dua sudut berdasarkan pemberian informasi
oleh guru pada LKPD.
Membimbing Penyelidikan Individu dan Kelompok (FASE 3)
10. Setiap kelompok
mendiskusikan penyelesaian tentang penentuan rumus sinus jumlah dan selisih dua sudut serta penentuan nilai sudut
tertentu dengan menggunakan rumus tersebut seperti penentuan nilai dari
11. Guru
membimbing secara tidak langsung kepada peserta didik dalam kelompok maupun individu untuk
menemukan solusi yang tepat untuk menyelesaikan soal yang berkaitan dengan rumus
dan nilai sinus jumlah dan selisih dua sudut.(Mengasosiasi)
Mengembangkan dan Menyajikan Hasil Karya(FASE 4)
12. Peserta
didik dalam kelompok menuliskan dan mempersiapkan diri untuk membuat dan
mempresentasikan laporan hasil diskusi tentang rumus sinus jumlah dan selisih
dua sudut dan penentuan nilai dari sinus tertentu yang merupakan jumlah atau
selisih dua sudut istimewa. (Mengkomunikasikan)
Menganalisa dan Mengevaluasi Proses Pemecahan
Masalah(FASE 5)
13. Perwakilan
kelompok memaparkan hasil diskusinya ke depan kelas. (Mengkomunikasikan)
14. Kelompok
lain menanggapi jawabannya.
15. Guru
memberi reward sebagai penghargaan atas jawaban peserta didik.
|
5 menit
5 menit
35 menit
20 menit
|
Penutup
|
16. Guru
bersama peserta didik menyimpulkan pembelajaran tentang rumus dan nilai sinus
jumlah dan selisih dua sudut serta penggunaannya dalam menyelesaikan
permasalahan.
17. Guru menutup pembelajaran dan menyampaikan pembelajaran berikutnya yang
akan mereka pelajari.
|
10 menit
|
Pertemuan
Kedua (2
45 menit)
Sub materi
pokok: Rumus cosinus dan tangen jumlah dan selisih dua sudut
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
3. Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai pada pembelajaran hari ini.
4. Peserta didik diberikan gambaran tentang pentingnya
memahami rumus dan nilai sinus, cosinus, dan tangen jumlah dua sudut dengan
memberitahukan informasi mengenai kegunaan trigonometri dalam kehidupan
sehari-hari seperti dalam bidang arsitektur, tehnik banguan atau dalam ilmu
pelayaran. (Mengamati)
5. Peserta
didik bertanya jawab mengenai materi prasyarat yaitu rumus sinus jumlah dan
selisih dua sudut.
|
10 menit
|
Kegiatan Inti
|
Orientasi
Peserta Didik Kepada Masalah (FASE 1)
6. Peserta
didik disajikan sebuah masalah dalam kehidupan sehari-hari yang berkaitan
dengan penggunaan rumus cosinus dan tangen jumlah dan selisih dua sudut dalam
kehidupan sehari-hari seperti
“Seorang
arsitek akan mendesain salah satu bentuk rumah adat yang ada di Indonesia,
yaitu rumah Joglo. Dari sketsa Gambar yang telah dibuat terlihat atap rumah
Joglo berbentuk seperti bangun trapesium. Jika diketahui besar salah satu
sudutpada bagian atapnya adalah
7. Peserta
didik diarahkan untuk menyelesaikan tugas menemukan rumus cosinus dan tangen
jumlah dan selisih dua sudut dengan menggunakan rumus sinus jumlah dua sudut berdasarkan
pemberian informasi oleh guru pada LKPD yang meliputi :
Rumus
jumlah dan selisih cosinus:
Rumus Jumlah dan selisih tangen:
Mengorganisasikan Peserta Didik (FASE 2)
8. Peserta
didik dibentuk menjadi bebrapa kelompok secara heterogen yang terdiri dari
4-5 orang.
9. Peserta
didik dalam kelompok diarahkan oleh guru untuk mendiskusikan tugas menentukan
rumus dan nilai cosinus dan tangen jumlah dan selisih dua sudut berdasarkan pemberian informasi
oleh guru pada LKPD.
Membimbing Penyelidikan Individu dan Kelompok (FASE 3)
10. Setiap
kelompok mendiskusikan penyelesaian tentang penentuan rumus cosinus dan
tangen jumlah dan selisih dua sudut
serta penentuan nilai sudut tertentu dengan menggunakan rumus tersebut
seperti penentuan nilai dari
11. Guru
membimbing secara tidak langsung kepada peserta didik dalam kelompok maupun individu untuk
menemukan solusi yang tepat untuk menyelesaikan soal yang berkaitan dengan
rumus dan nilai cosinus dan tangen jumlah dan selisih dua sudut.(Mengasosiasi)
Mengembangkan dan Menyajikan Hasil Karya(FASE 4)
12. Peserta
didik dalam kelompok menuliskan dan mempersiapkan diri untuk membuat dan
mempresentasikan laporan hasil diskusi tentang rumus cosinus dan tangen jumlah dua sudut. Dan penentuan nilai dari cosinus
dan tangen sudut tertentu yang merukan jumalah atau selisih dua sudut
istimewa. (Mengkomunikasikan)
Menganalisa dan Mengevaluasi Proses Pemecahan
Masalah(FASE 5)
13. Perwakilan
kelompok memaparkan hasil diskusinya ke depan kelas. (Mengkomunikasikan)
14. Kelompok
lain menanggapi jawabannya.
15. Guru
memberi reward sebagai penghargaan atas jawaban peserta didik.
|
5 menit
5 menit
40 menit
20 menit
|
Penutup
|
16. Guru
bersama peserta didik menyimpulkan pembelajaran tentang rumus dan nilai sinus,
tangen dan cosinus jumlah dan selisih dua sudut serta penggunaannya dalam
menyelesaikan permasalahan.
17. Guru menutup pembelajaran dan menyampaikan pembelajaran berikutnya yang
akan mereka pelajari.
|
10 menit
|
Guru Pamong
Elisa Dewi Puspitasari,
S.Pd.,M.Pd
NIP.198507112009032003
|
Malang, ........... , Juli 2017
Guru PPL PPG
Slamet Riyadi, S.Pd.
NIM. 201620060322169
|
|
Mengetahui
Kepala
Sekolah
Dr.
H. Moh. Sulthon, M.Pd.
NIP. 195801011983031035
|
LAMPIRAN
o Lembar Kerja Siswa (LKS) berbasis Masalah Kelas XI Matematika Peminatan: Pembuktian Rumus Sinus, Cosinus, dan Tangen Jumlah dan Selisih Dua Sudut
===> Download LKS
o Instrumen Evaluasi (Tes Formatif dan Penilain Sikap) Kelas XI Matematika Peminatan: Rumus Sinus, Cosinus, dan Tangen Jumlah dan Selisih Dua Sudut
===> Download Instrumen Evaluasi
RPP Versi MS. Word (.docx)
==> Download RPP
Baca Juga
===> Download LKS
o Instrumen Evaluasi (Tes Formatif dan Penilain Sikap) Kelas XI Matematika Peminatan: Rumus Sinus, Cosinus, dan Tangen Jumlah dan Selisih Dua Sudut
===> Download Instrumen Evaluasi
RPP Versi MS. Word (.docx)
==> Download RPP
Baca Juga
IJIN DOWNLOAD GAN
BalasHapus