Matematika | Info Pendidikan | Teknologi

Jumat, 12 Januari 2018

RPP Kelas XI Matematika Peminatan K-13 Revisi: Rumus sinus, cosinus, dan tangen jumlah dan selisih dua sudut + LKS + Tes Formatif




Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP)

Nama Sekolah                        : SMAN 8 Malang
Mata Pelajaran                      : Matematika Peminatan
Kelas/Semester                     : XI IPA 3/ganjil
Materi Pokok                         : Rumus Sinus, Cosinus dan Tangen Jumlah dua sudut 
Alokasi Waktu                       : 4 JP (2 x pertemuan)
A.        Kompetensi Inti/KI
Kompetensi Sikap Spiritual yaitu, “Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya”. Adapun rumusan Kompetensi Sikap Sosial yaitu, “Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif, dan pro-aktif sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia”.

KI 3: Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,  kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.

KI 4: Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak  terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan

B.        Kompetensi Dasar/KD dan Indikator Pencapaian Kompetensi/IPK
Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
3.2   Membedakan penggunaan jumlah  dan selisih sinus dan cosinus
3.2.1 Menentukan rumus cosinus jumlah dan selisih dua sudut
3.2.2 Menggunakan rumus cosinus jumlah  dan selisih dua sudut untuk menentukan nilai cosinus sudut tertentu
3.2.3 Menentukan rumus sinus jumlah dan selisih dua sudut
3.2.4 Menggunakan rumus sinus jumlah  dan selisih dua sudut untuk menentukan nilai sinus sudut tertentu
3.2.5 Menentukan rumus tangen jumlah dan selisih dua sudut
3.2.6 Menggunakan rumus cosinus jumlah  dan selisih dua sudut untuk menentukan nilai cosinus sudut tertentu
4.2   Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan rumus jumlah dan selisih sinus dan cosinus.

4.2.1 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan rumus dan nilai cosinus jumlah dua sudut dalam pemecahan masalah.
4.2.2  Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan rumus dan nilai sinus jumlah dua sudut dalam pemecahan masalah.
4.2.3 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan rumus dan nilai tangen  jumlah dua sudut dalam pemecahan masalah.

C.        Tujuan Pembelajaran
1.      Melalui kegiatan diskusi kelompok diharapkan peserta didik dapat bekerjasama dan bertanggung jawab dalam menentukan rumus dan nilai cosinus jumlah dua sudut dalam pemecahan masalah.
2.      Melalui kegiatan diskusi kelompok dalam, diharapkan peserta didik dapat bekerjasama dan bertanggung jawab dalam menentukan rumus dan nilai sinus jumlah dua sudut dalam pemecahan masalah
3.      Melalui kegiatan diskusi kelompok, diharapkan peserta didik dapat bekerjasama dan bertanggung jawab dalam menentukan rumus dan nilai tangen jumlah dua sudut dalam pemecahan masalah
4.      Melalui kegiatan latihan soal di harapkan peserta didik dapat bekerjasama dan bertanggung jawab dalam menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan rumus dan nilai cosinus, sinus dan tangen jumlah dua sudut.

D.       Materi Pembelajaran
Materi Prasyarat
·         Rumus perbandingan trigonometri
·         Rumus  luas segitiga sebarang menggunakan trigonometri
Materi Pokok
Faktual:
o   Perbandingan trigonometri, luas segitiga sebarang
Konseptual:
o   Rumus dan nilai sinus, cosinus, dan tangen jumlah dua sudut
Prosedural:
o   Menentukan Rumus cosinus, sinus dan tangen jumlah dua sudut
o   Menentukan nilai sinus, cosinus, dan tangen jumlah dua sudut
o   Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan rumus dan nilai sinus, cosinus, dan  tangen jumlah dua sudut.


E.        Pendekatan/Model/Metode Pembelajaran
Pendekatan    : Scientific
Model                         : Problem Based Learning
Metode           : Diskusi Kelompok

F.        Media/Alat dan Bahan Pembelajaran
1.         Media/Alat
·         Laptop
·         LCD
2.         Bahan Belajar
LKPD, Powerpoint (PPT)

G.       Sumber Belajar
Suparmin dkk.2016.Matematika Peminatan Matematika dan ilmu-ilmu Alam untuk SMA/MA kelas XI.Surakarta : Mediatama

H.      Langkah-Langkah Pembelajaran
Pertemuan Pertama (2  45 menit)
Sub materi pokok: Rumus sinus jumlah dan selisih dua sudut
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
  1. Guru mengucap salam kepada peserta didik.
  2. Guru mengecek kehadiran peserta didik dengan memanggil satu per satu nama mereka.
3.      Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai pada pembelajaran hari ini.
4.      Peserta didik  diberikan gambaran  tentang pentingnya memahami rumus dan nilai sinus, cosinus, dan tangen jumlah dua sudut dengan memberitahukan informasi mengenai kegunaan trigonometri dalam kehidupan sehari-hari seperti dalam bidang arsitektur, tehnik banguan atau dalam ilmu pelayaran. (Mengamati)
5.      Peserta didik bertanya jawab mengenai materi prasyarat yaitu rumus perbandingan trigonometri dan rumus luas segitiga sebarang.

 15 menit
Kegiatan Inti
Orientasi Peserta Didik Kepada Masalah (FASE 1)
6.      Peserta didik disajikan sebuah masalah dalam kehidupan sehari-hari yang berkaitan dengan penggunaan rumus jumlah dan selisih sinus, cosinus dan tangen dua sudut dalam kehidupan sehari-hari seperti
“Seorang pendaki melihat puncak bukit dengan sudut elevasi . Saat itu ia sedang berada sejauh 2 km dari bukit tersebut. Tanpa menggunakan kalkulator dan tabel trigonometri, hitunglah nilai sinus sudut tersebut”.
7.       Peserta didik diarahkan untuk menyelesaikan tugas menemukan rumus jumlah dan selisih sinus dua sudut dengan menggunakan  luas segitiga sebarang berdasarkan pemberian informasi oleh guru pada LKPD.
(Mencoba)

Mengorganisasikan Peserta Didik (FASE 2)
8.      Peserta didik dibentuk menjadi bebrapa kelompok secara heterogen yang terdiri dari 4-5 orang.
9.      Peserta didik dalam kelompok diarahkan oleh guru untuk mendiskusikan tugas menentukan rumus dan nilai sinus jumlah dan selisih  dua sudut berdasarkan pemberian informasi oleh guru pada LKPD.

Membimbing Penyelidikan Individu dan Kelompok (FASE 3)
10.  Setiap kelompok mendiskusikan penyelesaian tentang penentuan rumus sinus  jumlah dan selisih  dua sudut serta penentuan nilai sudut tertentu dengan menggunakan rumus tersebut seperti penentuan nilai dari  dengan menggunakan rumus jumlah dua sudut istimewa yaitu   (Mencoba)
11.  Guru membimbing secara tidak langsung kepada peserta didik   dalam kelompok maupun individu untuk menemukan solusi yang tepat untuk menyelesaikan soal yang berkaitan dengan rumus dan nilai sinus jumlah dan selisih dua sudut.(Mengasosiasi)

Mengembangkan dan Menyajikan Hasil Karya(FASE 4)
12.  Peserta didik dalam kelompok menuliskan dan mempersiapkan diri untuk membuat dan mempresentasikan laporan hasil diskusi tentang rumus sinus jumlah dan selisih dua sudut dan penentuan nilai dari sinus tertentu yang merupakan jumlah atau selisih dua sudut istimewa. (Mengkomunikasikan)

Menganalisa dan Mengevaluasi Proses Pemecahan Masalah(FASE 5)
13.  Perwakilan kelompok memaparkan hasil diskusinya ke depan kelas. (Mengkomunikasikan)
14.  Kelompok lain menanggapi jawabannya.
15.  Guru memberi reward sebagai penghargaan atas jawaban peserta didik.

5 menit






















5 menit









35 menit
















20 menit

















Penutup
16.  Guru bersama peserta didik menyimpulkan pembelajaran tentang rumus dan nilai sinus jumlah dan selisih dua sudut serta penggunaannya dalam menyelesaikan permasalahan.
17.  Guru menutup pembelajaran dan menyampaikan pembelajaran berikutnya yang akan mereka pelajari.
 10 menit

Pertemuan Kedua (2  45 menit)
Sub materi pokok: Rumus cosinus dan tangen jumlah dan selisih dua sudut
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
  1. Guru mengucap salam kepada peserta didik.
  2. Guru mengecek kehadiran peserta didik dengan memanggil satu per satu nama mereka.
3.      Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai pada pembelajaran hari ini.
4.      Peserta didik  diberikan gambaran  tentang pentingnya memahami rumus dan nilai sinus, cosinus, dan tangen jumlah dua sudut dengan memberitahukan informasi mengenai kegunaan trigonometri dalam kehidupan sehari-hari seperti dalam bidang arsitektur, tehnik banguan atau dalam ilmu pelayaran. (Mengamati)
5.      Peserta didik bertanya jawab mengenai materi prasyarat yaitu rumus sinus jumlah dan selisih dua sudut.

 10 menit
Kegiatan Inti
Orientasi Peserta Didik Kepada Masalah (FASE 1)
6.      Peserta didik disajikan sebuah masalah dalam kehidupan sehari-hari yang berkaitan dengan penggunaan rumus cosinus dan tangen jumlah dan selisih dua sudut dalam kehidupan sehari-hari seperti
“Seorang arsitek akan mendesain salah satu bentuk rumah adat yang ada di Indonesia, yaitu rumah Joglo. Dari sketsa Gambar yang telah dibuat terlihat atap rumah Joglo berbentuk seperti bangun trapesium. Jika diketahui besar salah satu sudutpada bagian atapnya adalah , maka tentukan nilai dari cos ”.
7.      Peserta didik diarahkan untuk menyelesaikan tugas menemukan rumus cosinus dan tangen jumlah dan selisih dua sudut dengan menggunakan  rumus sinus jumlah dua sudut berdasarkan pemberian informasi oleh guru pada LKPD yang meliputi :
Rumus jumlah dan selisih cosinus:
Rumus Jumlah dan selisih tangen:
 
 (Mencoba)

Mengorganisasikan Peserta Didik (FASE 2)
8.      Peserta didik dibentuk menjadi bebrapa kelompok secara heterogen yang terdiri dari 4-5 orang.
9.      Peserta didik dalam kelompok diarahkan oleh guru untuk mendiskusikan tugas menentukan rumus dan nilai cosinus dan tangen jumlah dan selisih  dua sudut berdasarkan pemberian informasi oleh guru pada LKPD.

Membimbing Penyelidikan Individu dan Kelompok (FASE 3)
10.  Setiap kelompok mendiskusikan penyelesaian tentang penentuan rumus cosinus dan tangen jumlah dan selisih  dua sudut serta penentuan nilai sudut tertentu dengan menggunakan rumus tersebut seperti penentuan nilai dari  dengan menggunakan rumus jumlah dua sudut istimewa yaitu   (Mencoba)
11.  Guru membimbing secara tidak langsung kepada peserta didik   dalam kelompok maupun individu untuk menemukan solusi yang tepat untuk menyelesaikan soal yang berkaitan dengan rumus dan nilai cosinus dan tangen jumlah dan selisih dua sudut.(Mengasosiasi)

Mengembangkan dan Menyajikan Hasil Karya(FASE 4)
12.  Peserta didik dalam kelompok menuliskan dan mempersiapkan diri untuk membuat dan mempresentasikan laporan hasil diskusi tentang rumus cosinus dan tangen jumlah  dua sudut. Dan penentuan nilai dari cosinus dan tangen sudut tertentu yang merukan jumalah atau selisih dua sudut istimewa. (Mengkomunikasikan)

Menganalisa dan Mengevaluasi Proses Pemecahan Masalah(FASE 5)
13.  Perwakilan kelompok memaparkan hasil diskusinya ke depan kelas. (Mengkomunikasikan)
14.  Kelompok lain menanggapi jawabannya.
15.  Guru memberi reward sebagai penghargaan atas jawaban peserta didik.


5 menit





























5 menit









40 menit

















20 menit


















Penutup
16.  Guru bersama peserta didik menyimpulkan pembelajaran tentang rumus dan nilai sinus, tangen dan cosinus jumlah dan selisih dua sudut serta penggunaannya dalam menyelesaikan permasalahan.
17.  Guru menutup pembelajaran dan menyampaikan pembelajaran berikutnya yang akan mereka pelajari.
 10 menit






Guru Pamong





Elisa Dewi Puspitasari, S.Pd.,M.Pd
NIP.198507112009032003

Malang, ........... , Juli 2017
Guru PPL PPG





Slamet Riyadi, S.Pd.
NIM. 201620060322169

Mengetahui
Kepala Sekolah





Dr. H. Moh. Sulthon, M.Pd.
NIP. 195801011983031035








LAMPIRAN
o  Lembar Kerja Siswa (LKS) berbasis Masalah Kelas XI Matematika Peminatan: Pembuktian Rumus Sinus, Cosinus, dan Tangen Jumlah dan Selisih Dua Sudut 
     ===> Download LKS
o Instrumen Evaluasi (Tes Formatif dan Penilain Sikap) Kelas XI Matematika Peminatan: Rumus Sinus, Cosinus, dan Tangen Jumlah dan Selisih Dua Sudut  
     ===> Download Instrumen Evaluasi

RPP Versi MS. Word (.docx)
==> Download RPP

Baca Juga

RPP Kelas XI Matematika Peminatan K-13 Revisi: Rumus Trigonometri SUdut Ganda + LKS + Tes Formatif


1 komentar: