Rencana
Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP)
Nama Sekolah :
SMAN 8 Malang
Mata Pelajaran :
Matematika Peminatan
Kelas/Semester : XI IPA 3/ganjil
Materi Pokok : Rumus trigonometri setengah sudut
Alokasi
Waktu : 2 JP (1 x
pertemuan)
A.
Kompetensi
Inti/KI
Kompetensi
Sikap Spiritual yaitu, “Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang
dianutnya”. Adapun rumusan Kompetensi Sikap Sosial yaitu, “Menunjukkan perilaku
jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran,
damai), santun, responsif,dan pro-aktif sebagai bagian dari solusi atas
berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan
sosial dan alam serta menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan
dunia”.
KI 3:
Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural
berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni,
budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait
penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada
bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan
masalah.
KI 4:
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan
ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu
menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
B.
Kompetensi
Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
Kompetensi Dasar
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
3.2 Membedakan penggunaan
jumlah dan selisih sinus dan cosinus
|
3.2.9 Menentukan rumus trigonometri setengah
sudut
3.2.10 Menggunakan rumus trigonometri
setengah sudut untuk menentukan nilai sudut tertentu
|
4.2 Menyelesaikan masalah yang
berkaitan dengan rumus jumlah dan selisih sinus dan cosinus.
|
4.2.5 Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan rumus dan nilai setengah sudut dalam pemecahan
masalah.
|
C.
Tujuan
Pembelajaran
1.
Melalui kegiatan diskusi kelompok diharapkan
peserta didik dapat bekerjasama dan bertanggung jawab dalam menentukan rumus
dan nilai setengah
sudut untuk menentukan nilai sudut tertentu.
2.
Melalui kegiatan latihan soal di harapkan peserta didik dapat bekerjasama
dan bertanggung jawab dalam menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan rumus
setengah sudut.
D.
Materi
Pembelajaran
Materi
Prasyarat
·
Rumus trigonometri sudut ganda.
Materi Pokok
Faktual:
o
Rumus trigonometri setengah sudut
Konseptual:
o
Rumus dan nilai trigonometri setengah sudut sinus, cosinus, dan tangen
Prosedural:
o
Menentukan rumus trigonometri setengah sudut sinus, cosinus, dan tangen
o
Menentukan nilai trigonometri setengah sudut sinus, cosinus, dan tangen
o
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan rumus dan nilai trigonometri setengah
sudut.
E.
Pendekatan/Model/Metode
Pembelajaran
Pendekatan : Scientific
Model : Cooperatif
Learning
Metode : Think
Pair Share (TPS)
F.
Media/Alat
dan Bahan Pembelajaran
1.
Media/Alat
·
Laptop
·
LCD
2.
Bahan Belajar
LKPD, Powerpoint (PPT)
G.
Sumber
Belajar
Suparmin
dkk. 2016. Matematika Peminatan Matematika
dan ilmu-ilmu Alam untuk SMA/MA kelas XI. Surakarta : Mediatama
H.
Langkah-Langkah
Pembelajaran
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
1. Guru
mengucap salam kepada peserta didik.
2. Guru mengecek
kehadiran peserta didik dengan memanggil satu per satu nama mereka.
3.
Guru mengecek penguasaan kompetensi yang sudah dipelajari
sebelumnya yaitu rumus ttrigonometr sudut ganda.
4. Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai pada pembelajaran hari ini
yaitu, rumus trigonometri setengah sudut.
5. Guru memotivasi siswa yaitu dengan menyampaikan manfaat dari belajar materi rumus
trigonometri setengah sudut
|
10 menit
|
Kegiatan
Inti
|
Berpikir
(Think)
1.
Guru memberikan contoh
permasalahan yang berkaitan dengan rumus
trigonometri setengah sudut, yaitu nilai dari sin 22,5o
2.
Guru
memberikan pertanyaan kepada peserta didik terkait cara menemukan nilai sin
22,5o
Berpasangan (Pair)
3.
Mengkondisikan siswa duduk berpasang-pasangan berdasarkan kemampuan
akademik yang berbeda-beda dan membagikan LKPD kepada masing-masing kelompok.
4.
Peserta didik mengumpulkan data dari refrensi yang ada terkait
cara menentukan rumus
sudut setengah sudut
Berbagi (Share)
5.
Beberapa kelompok
mempersentasikan hasil kerja kelompok masing-masing di depan kelas. Sedangkan kelompok lain menanggapi.
Evaluasi
6.
Guru memberikan soal evaluasi kepada peserta didik
7.
Peserta didik meyelesaikan soal dan mengumpulkan ke
guru.
|
10 menit
30 menit
10 menit
20 menit
|
Penutup
|
1.
Guru bersama peserta
didik menyimpulkan pembelajaran tentang rumus dan nilai trigonometri setengah sudut dalam menyelesaikan
permasalahan.
2.
Guru menutup pembelajaran dan menyampaikan pembelajaran berikutnya yang akan
mereka pelajari.
|
10 menit
|
Guru Pamong
Elisa Dewi Puspitasari, S.Pd.,M.Pd
NIP.198507112009032003
|
Malang, ........... , Juli 2017
Guru PPL PPG
Slamet Riyadi, S.Pd.
NIM. 201620060322169
|
|
Mengetahui
Kepala
Sekolah
Dr.
H. Moh. Sulthon, M.Pd.
NIP. 195801011983031035
|
Baca Juga:
RPP Kelas XI Matematika Peminatan K-13 Revisi: Rumus sinus, cosinus, dan tangen jumlah dan selisih dua sudut + LKS + Tes Formatif
RPP Kelas XI Matematika Peminatan K-13 Revisi: Rumus Trigonometri SUdut Ganda + LKS + Tes Formatif
RPP Kelas XI Matematika Peminatan K-13 Revisi: Rumus Trigonometri SUdut Ganda + LKS + Tes Formatif
LAMPIRAN
o Lembar Kerja Siswa (LKS) berbasis Masalah Kelas XI Matematika Peminatan: Rumus Trigonometri Setengah Sudut
o Instrumen Evaluasi (Tes Formatif dan Penilain Sikap) Kelas XI Matematika Peminatan: Rumus Trigonometri Setengah Sudut
===> Download Lampiran
o Instrumen Evaluasi (Tes Formatif dan Penilain Sikap) Kelas XI Matematika Peminatan: Rumus Trigonometri Setengah Sudut
===> Download Lampiran
Tidak ada komentar:
Posting Komentar