Matematika | Info Pendidikan | Teknologi

Jumat, 12 Januari 2018

RPP Kelas XI Matematika Peminatan K-13 Revisi: Rumus Trigonometri Setengah Sudut + LKS + Tes Formatif

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP)

Nama Sekolah                        : SMAN 8 Malang
Mata Pelajaran                      : Matematika Peminatan
Kelas/Semester                     : XI IPA 3/ganjil
Materi Pokok                         : Rumus trigonometri setengah sudut 
Alokasi Waktu                       : 2 JP (1 x pertemuan)

A.       Kompetensi Inti/KI
Kompetensi Sikap Spiritual yaitu, “Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya”. Adapun rumusan Kompetensi Sikap Sosial yaitu, “Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif,dan pro-aktif sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia”.

KI 3: Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,  kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.

KI 4: Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak  terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan

B.       Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
3.2   Membedakan penggunaan jumlah  dan selisih sinus dan cosinus
3.2.9   Menentukan rumus trigonometri setengah sudut
3.2.10 Menggunakan rumus trigonometri setengah sudut untuk menentukan nilai sudut tertentu

4.2   Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan rumus jumlah dan selisih sinus dan cosinus.

4.2.5  Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan rumus dan nilai setengah sudut dalam pemecahan masalah.





C.        Tujuan Pembelajaran
1.      Melalui kegiatan diskusi kelompok  diharapkan peserta didik dapat bekerjasama dan bertanggung jawab dalam menentukan rumus dan nilai setengah sudut untuk menentukan nilai sudut tertentu.
2.      Melalui kegiatan latihan soal di harapkan peserta didik dapat bekerjasama dan bertanggung jawab dalam menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan rumus setengah sudut.

D.       Materi Pembelajaran
Materi Prasyarat
·         Rumus trigonometri sudut ganda.

Materi Pokok
Faktual:
o   Rumus trigonometri setengah sudut
Konseptual:
o   Rumus dan nilai trigonometri setengah sudut sinus, cosinus, dan tangen
Prosedural:
o   Menentukan rumus trigonometri setengah sudut sinus, cosinus, dan tangen
o   Menentukan nilai trigonometri setengah sudut sinus, cosinus, dan tangen
o   Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan rumus dan nilai trigonometri setengah sudut.

E.        Pendekatan/Model/Metode Pembelajaran
Pendekatan    : Scientific
Model                         : Cooperatif Learning
Metode           : Think Pair Share (TPS)

F.        Media/Alat dan Bahan Pembelajaran
1.         Media/Alat
·         Laptop
·         LCD
2.         Bahan Belajar
LKPD, Powerpoint (PPT)

G.       Sumber Belajar
Suparmin dkk. 2016. Matematika Peminatan Matematika dan ilmu-ilmu Alam untuk SMA/MA kelas XI. Surakarta : Mediatama

H.      Langkah-Langkah Pembelajaran
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
1.      Guru mengucap salam kepada peserta didik.
2.      Guru mengecek kehadiran peserta didik dengan memanggil satu per satu nama mereka.
3.      Guru mengecek penguasaan kompetensi yang sudah dipelajari sebelumnya yaitu rumus ttrigonometr sudut ganda.
4.      Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai pada pembelajaran hari ini yaitu, rumus trigonometri setengah sudut.
5.      Guru memotivasi siswa yaitu dengan menyampaikan manfaat dari belajar materi rumus trigonometri setengah sudut

 10 menit
Kegiatan Inti
Berpikir (Think)
1.        Guru memberikan contoh permasalahan yang berkaitan dengan rumus trigonometri setengah sudut, yaitu nilai dari sin 22,5o
2.        Guru memberikan pertanyaan kepada peserta didik terkait cara menemukan nilai sin 22,5o

Berpasangan (Pair)
3.        Mengkondisikan siswa duduk berpasang-pasangan berdasarkan kemampuan akademik yang berbeda-beda dan membagikan LKPD kepada masing-masing kelompok.
4.        Peserta didik mengumpulkan data dari refrensi yang ada terkait cara menentukan rumus sudut setengah sudut

Berbagi (Share)
5.        Beberapa kelompok mempersentasikan hasil kerja kelompok masing-masing di depan kelas. Sedangkan kelompok lain menanggapi.
Evaluasi
6.        Guru memberikan soal evaluasi kepada peserta didik
7.        Peserta didik meyelesaikan soal dan mengumpulkan ke guru.
10 menit




30 menit




10  menit


20 menit


Penutup
1.        Guru bersama peserta didik menyimpulkan pembelajaran tentang rumus dan nilai trigonometri setengah sudut dalam menyelesaikan permasalahan.
2.        Guru menutup pembelajaran dan menyampaikan pembelajaran berikutnya yang akan mereka pelajari.
 10 menit


Guru Pamong





Elisa Dewi Puspitasari, S.Pd.,M.Pd
NIP.198507112009032003

Malang, ........... , Juli 2017
Guru PPL PPG





Slamet Riyadi, S.Pd.
NIM. 201620060322169

Mengetahui
Kepala Sekolah





Dr. H. Moh. Sulthon, M.Pd.
NIP. 195801011983031035


 Baca Juga:
RPP Kelas XI Matematika Peminatan K-13 Revisi: Rumus sinus, cosinus, dan tangen jumlah dan selisih dua sudut + LKS + Tes Formatif

RPP Kelas XI Matematika Peminatan K-13 Revisi: Rumus Trigonometri SUdut Ganda + LKS + Tes Formatif


LAMPIRAN

o  Lembar Kerja Siswa (LKS) berbasis Masalah Kelas XI Matematika Peminatan: Rumus Trigonometri Setengah Sudut 
Instrumen Evaluasi (Tes Formatif dan Penilain Sikap) Kelas XI Matematika Peminatan: Rumus Trigonometri Setengah Sudut 
     ===> Download Lampiran



Tidak ada komentar:

Posting Komentar